Cara Mendesain Proses Produksi Sumber Daya Kerajinan Fungsi Hias Lengkap

Perhatikan kerajinan fungsi hias yang ada di sekitar anda. Apakah bahan yang digunakan dalam membuat produk kerajinan tersebut ? Produk kerajinan didesain sesuai dengan bahan dan bentuk produk yang diinginkan. Mendesain produk kerajinan berarti pula mendesain proses produksinya. Dalam mendesain proses produksi diperlukan pula sumber daya kerajinan yang memadai dan memenuhi kebutuhan dalam memproses produk.

Cara Mendesain Proses Produksi Sumber Daya Kerajinan Fungsi Hias Lengkap

Mendesain proses produksi merupakan proses kreatif dalam menciptakan produk sesuai keinginan pelanggan kedalam ciri-ciri teknis produk. Pembuatan produk kerajinan di setiap wilayah tentunya berbeda dengan wilayah lainnya. Masing-masing daerah memiliki ciri khas kerajinan yang menjadi unggulan daerahnya. Hal ini tentu dikarenakan sumber daya limbah dari masing-masing daerah yang berbeda.

Mendesain Proses Produksi Kerajinan Fungsi Hias

Mendesain Proses produksi kerajinan merupakan kegiatan merencanakan proses produksi tidak semata-mata berupa rancanagan tetapi juga proses secara keseluruhan sampai karya kerajinan tersebut terwujud dan memiliki nilai.

a. Pengertian dan proses produksi pada usaha kerajinan fungsi hias

Proses produksi kerajinan merupakan suatu kegiatan dengna melibatkan tenaga manusia, bahan, serta peralatan untuk menghasilkan produk kerajinan yyang memiliki nilai jual. Proses produksi saat ini berkembang pesat karena kemajuan dari modifikasi kerajinan bahan limbah antaralain sebagai berikut.

Pemilihan Bahan Limbah
Pemilihan bahan sebelum diolah bertujuan untuk menyesuaikan dengan tujuan penggunaan bahan yang dirancang sebelumnya.

Pembersihan Limbah
Proses ini dilakukan agar limbah yang terseleksi bersih dari sisa bahan yang telah dimanfaatkan sebelumnya.

Pengeringan Limbah
Pengeringan biasanya dilakukan dibawah sinar matahari agar kadar airnya hilang.

Pewarnaan
Jika dalam desain diperlukan bahan limbah yang diberi warna maka bahan limbah perlu diwarnai terlebih dahulu sebelum diproses sebagai produk kerajinan.

b. Menetapkan desain dan merancang aliran proses produksi 

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa mendesain proses produksi kerajinan merupakan kegiatan merencanakan proses produksi. Jadi, sebelum membuat produk kerajinan harus menetapkan terlebih dahulu desain produknya. Segala produk kerajinan hasil dari desain proses produksi umumnya lebih menitik pada nilai-nilai keunikan, estetika, seni, khas, berharkat tinggi.

Setelah menetapkan desain kemudian dapat merancang aliran proses produksi yang tepat. Aliran proses produksi kerajinan bahan limbah ini dimulai dari pemilihan, pembersihan, pengeringan, pewarnaan, finishing, sampai dengan pengemasan.

Sumber Daya Kerajinan Fungsi Hias

Membuat kerajinan fungsi hias memerlukan sumber daya yang mendukung. Sumber daya kerajinan merupakan segala hal yang dapat digunakan untuk menciptakan segala bentuk kerajinan.

Nah itulah pembahasan tentang Cara Mendesain Proses Produksi Sumber Daya Kerajinan Fungsi Hias Lengkap yang bisa kami sampaikan semoga dengan artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda.

Subscribe to receive free email updates: