Kisah Manis Asal-Usul Sebutan Pepo-Memo Untuk SBY dan Ani Yudhoyono

Kisah Manis Asal-Usul Sebutan Pepo-Memo Untuk SBY dan Ani Yudhoyono


 Grid.ID - Kepergian Ani Yudhoyono menyisakan duka mendalam bagi seluruh warga Indonesia, khususnya keluarga yang ditinggalkan.
Istri dari Presiden RI ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono ini dinyatakan meninggal setelah berjuang melawan kanker darah stadium 4 yang dideritanya.
Pelayat dari berbagai kalangan masyarakat memenuhi lokasi pemakaman ibu negara tersebut di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.
Prosesi itu juga disiarkan secara langsung di beberapa stasiun televisi Tanah Air.
Lewat prosesi pemakaman militer sebagai wujud penghormatan terakhir kepada Ani Yudhoyono, Presiden RI, Jokowi memimpin langsung sebagai inspektur upacara.
Seakan tak kuasa menahan kesedihan yang dirasakan selama proses pemakaman Ani Yudhoyono, SBY sempat menutup mata dan menangis kala tubuh sang istri dikebumikan.
Tangis SBY pun akhirnya pecah ketika ia beserta kedua anak, mantu dan cucu-cucunya menebar bunga di pusara Ani Yudhoyono.
SBY berkali-kali menepuk-nepuk dadanya di depan pusara sang istri, berusaha menguatkan diri.
Perempuan yang disapa Memo ini meninggalkan dua putra, dua menantu, dan empat orang cucu.
Siapa yang sangka jika panggilan Memo untuk Ani Yudhoyono itu didapat dari cucu pertama mereka, Almira Tunggadewi Yudhyono.
Putri sulung pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan inilah yang pertama kali mencetuskan nama panggilan Memo dan Pepo untuk Ani Yudhoyono dan Susilo Bambang Yudhoyono.
Hal itu seperti yang Grid.ID kutip dari laman Kompas.com dalam sebuah video tahun 2013 yang menampilkan SBY dan Ani Yudhoyono.
"Memang Aira memanggil kami Pepo (SBY) dan Memo. Anak-anak juga ikut berpartisipasi," tegas Ani dalam video yang tayang pada 2013 tentang asal-usul panggilan tersebut.
Hal itu juga terbukti dari unggahan sang menantu, Annisa Pohan dalam laman Instagramnya belum lama ini.
Ani Yudhoyono yang selalu hadir mendampingi SBY dalam berbagai kegiatan kenegaraan, meninggalkan kesan mendalam sejak kepergiannya.
SBY benar-benar kehilangan sosok yang dicintainya.
Tak hanya itu, menantu dan cucunya juga turut merasakan perasaan yang sama.
Beberapa selebritis Tanah Air juga turut memberikan ucapan bela sungkawa dan mengenang sosok Ani Yudhoyono semasa hidupnya. (*)

Subscribe to receive free email updates: