Lagu Gugur Bunga Iringi Pemakaman Ani Yudhoyono

Lagu Gugur Bunga Iringi Pemakaman Ani Yudhoyono

Rombongan yang membawa jenazah Ani Yudhoyono tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, tepat pukul 14.20 WIB.
Tampak beberapa anggota TNI menyambut peti jenazah yang telah dibalut bendera Merah Putih. Selanjutnya jenazah Ani disambut dentuman drum dan tembakan salvo.
Presiden Jokowi yang bertindak sebagai inspektur upacara berjalan di belakang peti jenazah diikuti SBY, AHY, dan Ibas.
Beberapa keluarga dan kerabat juga mengiringi jenazah Ani hingga ke liang lahatnya.
Tampak hadir dalam upacara pemakaman itu Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal TNI Hadi Tjahjanto serta beberapa menteri Kabinet Kerja.
Hadir pula sejumlah kepala daerah seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Sesampainya di samping liang lahat, prosesi pemakaman dimulai dengan membacakan riwayat hidup dan berbagai penghargaan yang diterima Ani Yudhoyono.
Selanjutnya, Jokowi melepas kepergian Ani Yudhoyono untuk dimakamkan di bawah naungan bendera Merah Putih.
"Saya Presiden Republik Indonesia atas nama negara, bangsa, dan TNI, dengan ini mempersembahkan kepada perada ibu pertiwi jiwa, raga, dan jasa-jasa almarhumah Hj Kristiani Herawati Yudhoyono," kata Jokowi.
"Semoga jalan yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua, dan arwahnya mendapat tempat semestinya di alam baka," lanjutnya.
Selanjutnya, jenazah Ani Yudhoyono dimasukkan ke liang lahat dengan tembakan salvo. Kemudian SBY, AHY, Ibas beserta keluarga menaburkan bunga ke liang lahat Ani Yudhoyono yang diiringi lagu gugur bunga.
Lalu Jokowi menjadi yang pertama simbolis menguburkan Ani Yudhoyono dilanjutkan dengan SBY.
Ani Yudhoyono meninggal dunia di National University Hospital Singapura pada Sabtu (1/6) sekitar 11.50 waktu setempat. Sebelum mengembuskan nafas terakhirnya, Ani sempat berjuang melawan penyakit kanker darah sejak Februari 2019.

Subscribe to receive free email updates: