Pengertian Produk Karya Rekayasa Elektronika Praktis Dan Cara Pengemasannya

Coba perhatikan di sepanjang jalan yang ada selalu lewati. Adakah lampu berjalan otomatis di sana ? Lampu berjalan otomatis merupakan karya rekayasa elektronika praktik yang paling benyak ditemui di sepanjnag jalan. Lampu berjalan yang sering ditemui yaitu papan pemberitahuan pada rambu-rambu lalu lintas.

Pengertian Produk Karya Rekayasa Elektronika Praktis Dan Cara Pengemasannya

Dalam era globalisasi dan pengembangan teknologi yang begitu pesat, berkembang juga berbagai macam karya elektronik praktis. Hal ini membuat banyak produsen-produsen elektronik berfikir keras untuk dapat menciptakan terobosan terbaru dalam hal elektronik. Salah satunya dengan mulai ramainya kemunculan berbagai macam karya elektronik praktis.

Misalnya running LED mulai dari ukuran yang biasa disesuaikan dengan kebutuhan hingga warna yang dapat disesuaikan dengan keinginan, bahkan sudah banyak bermunculan running LED yang menawarkan produk full color.

Karya Rekayasa Elektronika Praktis

Rekayasa elektronika adalah teknik yang berhubungan dengan berbagai material dalam berbagai konfigurasi atau struktur yang dapat mengatur aliran arus listrik. Dalam teknik elektronika dikenal dan digunakan berbagai komponen seperti dioda, transistor, dan sirkuit terpadu untuk membangun perangkat keras. 

Hasil dari teknik elektronika digunakan secara langsung oleh bidang lain seperti teknik komputer dan teknik telekomunikasi dengan sirkuit terintegrasi sebagai salah satu kemajuan terbesar yang paling dimanfaatkan. Sedangkan karya rekayasa elektronika peraktis berarti karya teknik yang berhubungan dengan berbagai material sederhana yang dapat mengatur aliran arus listrik.

Aneka Jenis Produk Karya Rekayasa Elektronika Praktis Dan Manfaatnya

Banyak produk yang dapat dihasilkan dari rekayasa elektronika ini, diantaranya sbagai berikut.

a. Lampu Berjalan Otomatis (running LED)
Running led (lampu berjalan) merupakan susunan led yang terhubung secara metrik membentuk suatu modul memanjang dengan jumlah led terpadu antara kolom dan barisnya. Pada running led ini menggunakan Board ErulDuino dengan IC Atmega328 sebagai piranti mikro kontrolorenya.

b. Alarm
Alarm adalah tanda atau isyarat terhadp bahaya yang akan datang dan mengancam, alarm biisa berupa suara atau lampu. Anda hanya perlu mematikan arus dari CDI. Otomatis mesin tidak dapat hidup. Sedangkan kunci kontak dihubungkan kearah klakson yang membuat klakson akan langsung berbunyi ketika terjadi upaya proses pencurian terhadap motor anda.

c. Lampu Baca Otomatis
Lampu baca otomais adalah rangkayan aplikasi elektronika dimana rangkaian ini bisa menghasilkan energi cahaya seperti halnya lampu pijar sebagi penerang ruangan atau kamar. Rangkaian lampu baca otomatis ini akan menyalakan sebuah lampu atau alat lain untuk waktu tertentu (misalnya 30 menit) dan kemudian mematikannya.

Teknik Pengemasan Hasil Karya Rekayasa Elektronika Praktis

Pengemasan merupakan tahapan akhir dalam proses rekayasa elektronik praktis sebelum dipasarkan. Pengemasan yang baik tentu harus dapat memenuhi harapan konsumen. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengemasan mampu memnuhi harapan konsumen adalah sebagi berikut.

a. Kemasan harus dapat melindungi produk dengan baik, mudah dibuka dan mudah di tutup serta mudah di bawa.

b. Bentuk dan ukuran menarik serta sesuai bentuk produk

c. Labeling harus jelas dan komplit

d. Bahan kemasan harus ramah lingkungan.

ok itu tadi pembahasan mengenai Pengertian Produk Karya Rekayasa Elektronika Praktis Dan Cara Pengemasannya , mudah-mudahan dengan artikel ini bisa bermanfaat untuk anda jangan lupa share dan kembali lagi ya.

Subscribe to receive free email updates: