Pengertian Mendesain Proses Produksi Sumber Daya Karya Rekayasa Elektronika Praktis

Setelah anda mengetahui apa itu karya rekayasa elektronik praktis, selanjutnya amatilah disekitar anda. Adakah bentuk karya elektronik praktis selain yang sudah dibahas sebelumnya ? mendesain proses produksi berarti menciptakan produk baru. Desain produk dibuat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan manusia.

Pengertian Mendesain Proses Produksi Sumber Daya Karya Rekayasa Elektronika Praktis

Mendesain proses produksi pada hakekatnya adalah proses kreatif menerjemahkan keinginan pelanggan. Produk yang berupa karya rekayasa elektronik selalu mengalami perkembangan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Melalui proses mendesain ini, produk karya rekayasa elektronik praktis dimodifikasi menjadi karya produk yang berkeanekaragaman.

Menetapkan Standar Dan Desain Proses Produksi

Proses produksi karya rekayasa elektronika praktis merupakan suatu kegiatan dengan melibatkan tenaga manusia, bahan, serta peralatan elektronik untuk menghasilkan produk berupa karya elektronik praktis yang memiliki nilai jual.

Di dalam mengerjakan proses produksi karya elektronik praktis diperlukan berbagai alat dan komponen yang menunjang. Alat adalah sarana yang digunakan dalam proses produksi. Alat yang dimaksud adalah sebagai berikut.

a. Solder
Solder adalah alat yanag digunakan untuk materi atau menyolder sambungan kawat atau komponen dengan menggunakan kawat timah.

b. Baterai
Baterai adalah alat listrik yang menyimpan energi dan mengeluarkan tenaganya dalam bentuk listrik.

c. Saklar
Saklar adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memutuskan jaringan listrik, atau untuk menghubungkan. Jadi saklar pada dasrnya adalah alat penyambung atau pemutus aliran listrik.

Dalam bidang elektronika, komponen diartikan sebagai elemen terkecil dari rangkaian/sistem elektronis. Berdasarkan respon output terhadap input-nya komponen elektronik dibedakan menjadi komponen pasif dan komponen aktif. Penjelasannya sebagi berikut.

a. Komponen aktif adalah komponen yang dapat menguatkan dan menyerahkan sinyal listrik serta mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk lain. 

b. Komponen pasif ialah komponen yang tidak dapat menguatkan dan menyerahkan sinyal listrik serta tidak dapat mengubah suatu energi ke bentuk lainnya.

Identifikasi Kebutuhan Sumber Daya Pada Usaha Karya Rekayasa Elektronika Praktis

Dalam menciptakan produk karya elektronika praktis diperlukan sumberdaya yang mencukupi, sumber daya tersebut terdiri dari 6M, yaitu sebagai berikut.

a. Man, adalah orang yang menggerakan dan melakukan aktivitas-aktivitas dalam menciptakan karya.

b. Money merupakan faktor yang paling penting dalam menciptakan karya elektronik praktis. Uang berguna untuk membiyayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli serta berapa hasil yang akan dicapai dari suatu proses produksi.

c. Material merupakan bahan yang diperlukan untuk mendukung proses produksi produk. Misalnya, resistor, kabel, led dan lain sebagainya.

d. Machine alat yang digunakan untuk membuat karya elektronik praktis. Misalnya, solder, baterai, dan lain sebagainya.

e. Method kerja merupakan suatu tatacara kerja yang baik untuk memperlancar jalannya pekerjaan.

f. Market merupakan kegiatan usaha yang ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan produk yang berupa karya elektronik praktis.

Nah itu tadi adalah Pengertian Mendesain Proses Produksi Sumber Daya Karya Rekayasa Elektronika Praktis semoga membantu ya kawan-kawan.

Subscribe to receive free email updates: