Pengertian Proposal Usaha Karya Rekayasa Elektronika Praktis Secara Lengkap

Amatilah lingkungan di sekitar kita. Adakah karya elektronik praktis yang menarik perhatian anda ? Karya tersebut merupakan jenis usaha dalam bidang karya elektronik. Dalam menjalankan dan mengembangkann usaha elektronik diperlukan dana yang besar dan persetujuan usaha dari pihak yang bersangkutan. Untuk mendapatkan persetujuan dan dana dari pihak lain perlu adanya proposal usaha yang menggambarkan tentang jenis usaha, sarana dan prasarana sampai dengan prospek usaha.

Pengertian Proposal Usaha Karya Rekayasa Elektronika Praktis Secara Lengkap

Pembuatan proposal memudahkan seseorang untuk mengetahui tentang gambaran jenis usaha yang didirikan. Bentuk proposal pada umumnya sama, hanya pengajuannya yang beda.

Pengertian Dan Sistematika Penyusunan Proposal Usaha

Proposal adalah usulan rencana kegiatan. Dengan demikian pengertian proposal berasal dari bahasa inggris to propose yang artinya mengajukan. Dengan demikian pengertian proposal memiliki arti sederhaana sebagai suatu bentuk pengajuan atau permohonan, penawaran baik berupa ide, gagasan, pemikiran, maupun rencana kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan izin, persetujuan, dana, dan lain sebagainya.

Sebuah proposal usaha harus mengandung yang namanya sistematik penyusunan. Karena di dalam sistematika penyusunan menjelaskan tentang pokok pembahasan pengajuan proposal. Sistematika penyusunan proposal usaha sebagai berikut.

Bab 1 Pendahuluan
a. Latar belakang
b. Rumusan masalah
c. Ruang lingkup
d. Maksud dan tujuan
e. Metelogi penelitian

Bab 2 Tujuan pustaka
a. Landasan teori
b. Kerangka teori
c. Kerangka konsep penelitian
d. Hipotesis/pertanyaan penelitian

Bab 3 Metode Penelitian
a. Jenis penelitian
b. Populasi dan sample
c. Lokasi dan waktu penelitian
d. Definisi oprasional
e. Teknik pengumpulan data
f. Instrumen penelitian
g. Teknik pengolahan data
h. Metode analisis

Cara Membuat Proposal Usaha

Di dalam membuat proposal usaha terapat unsur-unsur yang harus dipenuhi agar proposal jelas dan mudah dipahami oleh yang membacanya. Unsur-unsur proposal yaitu sebagai berikut.

a. Latar belakang masalah
Dikemukakan adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan, baik kesenjangan teoretik ataupun kesenjangan praktis yang melatar belakangi masalah yang diteliti.

b. Rumusan masalah
Rumusan masalah dinyatakan secara tersurat berupa pertanyaan-pertanyaan yang ingin dicarikan jawabannya. Rumusan masalah yang baik akan menampakan variabel-variabel yang diteliti dan dapat diuji secara empiris.

c. Tujuan penelitian
Tujuan penelitian diungkapkan pada sasaran yang ingin dicapai dalam peenelitian. Tujuan penelitian mengacu pada rumusan penelitian dan berupa pernyataan.

Ok itu tadi pembahasan Pengertian Proposal Usaha Karya Rekayasa Elektronika Praktis Secara Lengkap dan semoga bisa dapat dipahami .

Subscribe to receive free email updates: