Pengertian Produk Budidaya Ternak Unggas Petelur Dan Cara Pengemasannya

Coba amati di sekitar anda adakah warga yang melakukan Budidaya ternak unggas petelur ? Budidaya ternak unggas petelur merupakan budidaya yang bergerak dalam mengembangkan hewan-hewan ternak unggas yang mampu bertelur dengan baik.

Pengertian Produk Budidaya Ternak Unggas Petelur Dan Cara Pengemasannya

Apa itu budidaya ternak ? Pengertian budidaya ternak bisa definisaikan dari beberapa bidang. Dari bidang bisnis maka pengertian budidaya ternak adalah bisnis atau usaha yang bergerak dalam memelihara atau memperoduksi hewan-hewan ternak. Budidaya menurut bahasa peternakan dapat diartikan sebagai sektor produksi hewan ternak. Ada juga sebagian orang mengartikan budidaya ini sebagai pengembang biakan, padahal sekedar penggemukan atau pengasuhan saja juga bisa disebut sebagai budidaya ternak.

Budidaya Ternak Unggas Petelir

Budidaya ternak unggas petelur adalah bisnis atau usaha yang bergerak dalam memelihara dan atau memproduksi hewan-hewan ternak unggas petelur. Sebelum mebudidaya ternak ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan terlebih dahulu, hal-hal tersebut antara lain sebagai berikut.

a. Saran Kandang
Penyiapan kandang budidaya ternak harus menjadi syarat utama. Kandang bebek harus disiapkan sesuai dengan kebutuhan ternaknya. Demi mencapai hasil yang maksimal dalam beternak ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kandang yaitu sebagai berikut.
  • Kondisi kandang dan perlengkapanya
  • Kandang tidk harus dibuat dari bahaan yang harganya mahal, yang terpenting bahan yang digunakan untuk membuat kandang tersebut kuat dan dapat tahan lama. Bahan kandang bisa terbuat dari kerangka kayu atau bambu, atap terbuat dari genteng dan lantainya dari pasir atau kapur. Perlengkapan yang harus ada dikandang yaitu harus menyiapkan tempat makan dan minum yang paling utama.

Penerangan kandang

Kandang harus diberi penerangan untuk memudahkan anda jika ingin memberikan makan atau minum. Selain itu juga untuk memudahkan pengaturan kandang agar tata kandang sesuai dengan fungsi bagian-bagian kandang.

Temperatur kandang
Kandang juga harus diatur temperaturnya dan kelembabanya agar hewan ternak merasa nyaman berada dikandang.

Bibit yang unggul
Pembibitan dalam budidaya ternak memegang peranan yang sangat penting. Anda harus pintar dalam memilih bibit yang unggul untuk dipelihara. Bibit yang unggul dapat anda peroleh dengan cara sebagai berikut.
  • Membeli telur tets dari induk yang telah dijamin keunggulannya
  • Memelihara sendiri induk yang berkualitas
  • Membeli DOD (Day Old Duck) dari pembibitan yang sudah dikenal mutunya maupun yang telah direkomendasikan oleh dinas peternakan setempat.

Pemeliharaan

Pemeliharaan dalam budidaya ternak membutuhkan ketelitian dan ketelatenan. Hal yang harus kita pelihara disini bukan hanya unggasnya saja tetapi juga kandangnya. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam usaha ini antara lain sebagai berikut.

Sanitasi dan tindakan pereventif
Sanitasi kandang dan tindakan pereventif dalam hal ini lebih mengarah lebih mengarah pada masalh pencegahan penyakit wajib untuk diperhatikan dalam pemeliharaan bebek sejak dini untuk mengantisipasi timbulnya penyakit pada bebek.

Pebgecekan kondisi kesehatan hewan ternak.

Pemberian pakan
Pemberian pakan harus dilakukan rutin. Jenis pakan yang diberikan harus sesuai dengan jenis hewan ternaknya.

Pemeliharaan kandang
Kandang harus selalu dijaga kebbersihannya agar daya produksi hewan ternak tidak terpengaruh dari kondisi yang ada.

Pemanenan
Hasil utama dari budidaya ternak unggas petelur adalah berupa telur yang dihasilkan oleh unggas petelur tersebut. Telur yang telah dihasilkan diambil dan diletakan diatas egg tray (nampan telu). Hasil tambahan yang dapat diniikmati dari hasil budidaya ternak unggas petelur adalah daging dari unggas yang telah tua (afkir) dan kotoran yang dapat dijual untuk dijadikan pupuk kandang.

Pemasaran
Untuk pemasaran bisa dijamin bahwa anda tidak akan kekurangan penadah/penempul karena selama ini kebutuhan telur yang sangat tinggi tidak diimbangi degan hasil produksi yang meningkat. Selain melalui penadah juga bisa langsung menjualnya ke pasar, ke rumah makan dan rumah-rumah penduduk.

Baiklah mungkin sampai disini dulu pembahasan Pengertian Produk Budidaya Ternak Unggas Petelur Dan Cara Pengemasannya nanti di sambung dengan artikel selanjutnya .

Subscribe to receive free email updates: