Pengertian Aneka Jenis Produk Dan Manfaat Budidaya Ternak Unggas Petelur

Terdapat berbagai macam pembudidayaan hewan ternak dan bisa dimasukan kedalam jenis ternak unggas petelur. Pembudidayaan ternak unggas petelur ini juga memiliki manfaat yang sangat besar. Jenis produk ternak unggas petelur antara lain sebagai berikut.
Budidaya ternak bebek

Pengertian Aneka Jenis Produk Dan Manfaat Budidaya Ternak Unggas Petelur

Bebek merupakan jenis ternak unggas petelur yang dibudidayakan. Di Indonesia tersedia beberapa jenis bebek atau itik yang diberinama sesuai daerah utama pengembangannya. Jenis-jenis bebek/itik di indonesia yang produktifitasnya baik untuk dibudidayakan antara lain sebagai berikut.
  • Itik magelang
  • Itik tegal
  • Itik mojosari
  • Itik alabio

Bebek dapat memberikan manfaat yang begitu banyak antara lain sebagai berikut.
Sebagai usaha mandiri
Beternak bebek tidak perlu membutuhkan modal yang cukup besar. Anda bisa melakukan usaha ini secara mendiri atau bisa dikatakan tidak harus secara berkelompok.

Hasil yang berlimpah

Semua bagian dari bebek bisa dimanfaatkan sebagai berikut.

a. Manfaat telur bebek
Telur bebek ini bisa dibuat telur pindang atau telur asin yang bisa dimanfaatkan sebagi lauk pauk. Selain itu, dapat dijadikan sebagai suplemen untuk mengembalikan vitalitas.

b. Manfaat daging bebek
Selain telurnya daging bebekpun juga bermanfaat saat ini sudah banyak masakan yang menggunakan daging bebek sebagai bahan utamanya.

c. Manfaat bulu bebek
Bulu bebekpun saat ini sudah banyak digunakan untuk membuat kerajinan tangan.

d. Manfaat kotoran bebek
Kotoran bebekpun bermanfaat sebagai pupuk

Budidaya ternak ayam

Ayam petelur adalah ayam-ayam betina dewasa yang diplihara khusus untuk diambil telurnya. Asal mula ayam unggas berasal dari ayam hutan dan itik liar yang ditangkap dan dipelihara serta dapat bertelur cukup banyak. Ayam yang terseleksi untuk tujuan produksi daging dikenal dengan ayam broiler., sedangkan untuk produksi telur dikenal dengan ayam petelur. Selain itu, seleksi juga diarahkan pada warna kulit telur hingga kemudian dikenal ayam petelur putih dan ayam petelur coklat.

Ayam petelur juga beraneka ragam jenisnya, jenis ayam petelur dibagi menjadi dua yaitu sebagai berikut.

Tipe ayam petelur ringan

Tipe ayam ini disebut dengan ayam petelur putih. ayam petelur ringan ini mempunyai badan yang ramping/kurus/kecil dan mata bersinar. Bulunya berwarna putih bersih dan berjengger merah. Ayam ini berasal dari galur murni white leghorn.

Tipe ayam petelur medium

Bobot tubuh ayam ini cukup berat. Meskipun itu, beratnya masih berada diantara berat ayam petelur ringan dan ayam broiler. Oleh karena itu ayam ini disebut tipe ayam petelur medium. Tubuh ayam ini tidak kurus, tetapi juga tidak terlihat gemuk. Telurnya cukup banyak dan juga dapat menghasilkan daging yanag banyak. Ayam ini disebut juga dengan ayam tipe dwiguna. Karena warnanya yang coklat maka ayam ini disebut dengan ayam petelur coklat yang umumnya mempunyai warna bulu yang coklat juga.

Selain bebek, ternak ayam petelur juga memiliki banyak manfaat. Manfaat dari budidaya ternak ayam petelur yaitu sebagai berikut.
  • Ayam petelur unggul yang ada sangat baik dipakai sebagai plasma nutfah untuk menghasilkan bibit yang bermutu.
  • Hasil kotoran dan limbah dari pemotongan ayam petelur merupakan hasil samping yang dapat diolah menjadi pupuk kandang, kompos atau sumber energi (biogas).
  • Ayam petelur unggul yang ada sangat baik dipakai sebagai plasma nutfah untuk menghasilkan bibit yang bermutu.
  • Hasil kotoran dan limbah dari pemotongan ayam petelur merupakan hasil samping yang dapat diolah menjadi pupuk kandang , kompos atau sumber energi (biogas).
  • Sedangkan seperti usus dan jeroan ayam dapat dijadikan sebagai pakan ternak unggas setelah dikeringkan.
  • Selain itu ayam dimanfaatkan juga dalam upacara keagamaan.

Budidaya ternak buruh puyuh

Puyuh merupakan jenis burung yang tidak dapat terbang , ukuran tubuh relatif kecil , berkaki pendek dan dapat diadu. Ternak burung puyuh juga memiliki banyak manfaat seperti halnya bebek dan juga ayam. Bagian burung puyuh yang bisa diambil manfaatnya antara lain sebagai berikut.
  • Telur dan dagingnya yang memiliki nilai gizi dan rasa yang lezat.
  • Bulunya bisa dijadikan sebagai aneka kerajinan atau perabot rumah tangga lainnya.
  • Kotorannya bisa dijadikan sebagi pupuk kandang ataupun kompos.

Mungkin sampai disini pembahasan mengenai Pengertian Aneka Jenis Produk Dan Manfaat Budidaya Ternak Unggas Petelur semoga bisa membawa manfaat.

Subscribe to receive free email updates: